Langsung ke konten utama

BELAJAR ADALAH KEBUTUHAN



Salam Milenial buat sahabat semuanya, kita tahu bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan, seperti halnya kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. tanpa belajar hidup menjadi tidak terarah sehingga mudah untuk kita jauh tertinggal dari keberadaban dan keberbudayaan.
Pendidikan merupakan suatu kebutuhan primer bagi setiap manusia karena pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter seseorang. Pendidikan menjadi suatu aspek dalam meningkatkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas.

Upaya pemerintan dalam dunia pendidikan melalui Program Wajib Belajar Sembilan tahun adalah program yang telah  lama dicanangkan serta dilaksanakan di negeri kita yang tercinta ini. dengan maksud dan tujuan agar masyarakat Indonesia sadar akan pentingnya pendidikan. Meskipun banyak orang berfikir bahwa pendidikan itu penting, tapi tidak sedikit pula yang berfikir bahwa pendidikan itu tidak penting. Apalagi masyarakat yang tinggal dipedesaan ataupun daerah terpencil, mereka lebih baik bekerja dari pada sekolah. Alasannya jika bekerja mereka akan mendapatkan uang sedangkan sekolah hanya membuang uang. 

Nah sobat sekarang saya akan membahas tentang pentingnya pendidikan.

1. Pendidikan Memberikan Pengetahuan, 

Pendidikan memberi kita pengetahuan tentang berbagai hal dan segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia ini. Pendidikan juga dapat membentuk sudut pandang seseorang agar dapat berfikir bijak dalam menjalani kehidupannya.
2. Untuk karir dan pekerjaan

Jika diatas tadi  saya mengatakan bahwa salah satu alasan orang menganggap bahwa pendidikan itu kurang penting  karena sekolah ataupun tidak sekolah tetap susah mencari pekerjaan. Nah dari itu mari kita ubah pola fikir kita bahwa dengan pendidikan kita akan mudah mendapat pekerjaan. Pekerjaan yang akan kita peroleh jika kita memiliki ilmu dan pendidikan akan jauh lebih baik dibandingkan pekerjaan yang kita peroleh tanpa ilmu dan pendidikan. 

3. Membangun Karakter

Pendidikan mengajak kita tentang sopan santun, dan beretika dalam hal yang benar. sehingga memupuk kita  menjadi individu yang dewasa dalam artian mampu merencanakan masa depan dan mengambil keputusan yang tepat dalam hidup sehingga kita menjadi lebih manusiawi.

4. Memberi Pencerahan

Pendidikan menghapus pemikiran kita yang salah dalam benak kita, membantu memberikan gambaran yang jelas tentang hal-hal yang berada disekitar kita agar tidak kebingungan, sehingga kita dapat bersemangat dalam diri, semangat untuk mencari hal-hal yang baru untuk menjalani kehidupan kedepannya. serta semangat untuk berubah menuju ke hal yang lebih baik. Semua itu adalah sebuah pencerahan sehingga kita akan selalu optimis menjalani kehidupan.

5. Membantu Kemajuan Bangsa

Meskipun tidak tercantum dalam tiga kebutuhan dasar manusia namun pendidikan sangatlah penting seperti ketiga kebutuhan tersebut. Pendidikan dapat memajukan kemajuan bangsa karena masa depan bangsa aman di tangan masyarakat yang berpendidikan, masyarakat dapat membangun sosial serta memupuk pertumbuhan ekonomi sehingga mampu memenuhi kebutuhan hidupnya.

Dari lima yang saya sebutkan sebenarnya masih banyak lagi hal yang membuat pendidikan itu penting. Pemerintah sendiri selalu berupaya untuk memajukan pendidikan di negara kita yang tercinta ini, sehingga mereka yang masih kurang mengerti atau bahkan kurang mampu bisa dapat mengenyam pendidikan seperti yang lainnya.

Selain Progaram Wajib Belajar Sembilan Tahun, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan yang lain. Yaitu suatu kebijakan yang memiliki tujuan sebagai pemerataan kesempatan anak Indonesia  memperoleh pendidikan. Karena pada dasarnya memperoleh pendidikan itu adalah hak dari seluruh warga Indonesia.

Program Indonesia Pintar yang disingkat dengan PIP dan ini merupakan salah satu Program Prioritas Kementrian dan Kebudayaan (Kemdikbud)  menjadikannya suatu program unggulan dalam mewujudkan pemerataan pendidikan dan keberpihakan pemerintah terhadap anak-anak dari keluarga miskin. 

Pemerintah berharap bahwa dengan adanya Program Indonesia Pintar anak-anak Indonesia dapat melaksanakan wajib belajar sembilan tahun yang telah di canangkan dan membawa Program Wajib Belajar Sembilan Tahun berjalan dengan sukses. Sehingga membawa generasi-generasi bangsa menuju keperadaban ilmu yang lebih baik serta menjadikan anak bangsa Indonesia menuju generasi emas 2045.

Nah sahabat milenial semuanya semua, yang sudah saya paparkan itu menunjukkan bahwa pendidikan  sangatlah penting dan berarti bagi kita semuanya, pendidikan akan membawa kita menunju pada level yang lebih baik lagi. Namun itu semua harus kita usahakan semaksimal mungkin sehingga kita bisa sejajar dengan bangsa-bangsa yang lain yang lebih maju. 

Sekian dari saya  salam Milenial buat semuanya.






Komentar

  1. Saran donk....kalau bisa buat konten tentang pembahasan soal...😉😉😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insyaallah akan saya publikasikan tentang pembelajaran

      Hapus
  2. Pendidikan, sebuah tools sederhana yang didasarkan atas keinginan yang kuat untuk mewujudkan manusia Indonesia yang cerdas, berkarater dan berkompetensi.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Silabus

Silabus Silabus adalah rencana pembelajaran untuk satu semester, di mana di dalamnya terdapat Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Media dan Sumber Belajar, serta alat evaluasi yang digunakan. Dalam hal pembelajaran tematik maka silabus dikembangkan untuk pembelajaran satu tema satu silabus.

Sub Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Daur Hidup Hewan

PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN Rangkuman Materi Perkembangbiakan Hewan  Hewan memiliki perbedaan dalam cara perkembangbiakannya. Hewan Berkembangbiak dengan bertelur dan melahirkan.