Langsung ke konten utama

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh

Tanaman kunyit merupakan tanaman berbatang yang tersusun dari pelepah daun memiliki rimpang berwarna kuning cerah. Kunyit merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan tersebar luas di Filipina, Malaysia, Indonesia, Australia dan Afrika. Kunyit mudah tumbuh pada daerah dengan ketinggian 240-1200 m dpl, di tepi hutan sekunder maupun di ladang terbuka.

Kunyit mudah diperbanyak dengan stek rimpang. Untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman yang baik, bibit kunyit sebaiknya dibuat dengan ukuran 20-25 g tiap stek. Waktu tanam yang tepat adalah pada awal musim hujan, dan panen dilakukan pada musim kemarau yaitu setelah tanaman berumur lebih dari 9 bulan di lahan.

Bagian yang digunakan adalah rimpang. Kandungan kimia rimpang kunyit adalah kurkuminoid, desmetoksikurkumin, bidesmetoksi kurkumin, resin serta minyak atsiri. Rimpang kunyit sebagai jamu telah dikenal sejak dahulu oleh leluhur bangsa Indonesia sebagai "Jamu Kunyit Asem". Yang hingga sampai sekarang aktif diyakini untuk mengatasi gangguan datang bulan.

Minyak atsiri rimpang kunyit dapat meningkatkan sekresi empedu, sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Namun, rimpang kunyit sebaiknya tidak dikonsumsi oleh pasien yang menderita sakit batu empedu ataupun kerusakan pada batu empedu. Rebusan rimpang kunyit memiliki khasiat sebagai hepatoprotektor, serta untuk mengatasi rasa nyeri.

Selain itu kunyit juga meredakan rasa sakit akibat Irritable Bowel Syndrome, adalah suatu keadaan dimana adanya suatu penyakit yang menyebabkan kontraksi usus abnormal, keadaan tersebut tentu saja berpengaruh besar pada kerja usus besar di sistem pencernaan.

Komentar

  1. Jadi kunyit bisah membuat obat untuk menyubuhkan sesuat penyakit ringan

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BELAJAR ADALAH KEBUTUHAN

Salam Milenial buat sahabat semuanya, kita tahu bahwa belajar merupakan sebuah kebutuhan, seperti halnya kebutuhan akan sandang, pangan dan papan. tanpa belajar hidup menjadi tidak terarah sehingga mudah untuk kita jauh tertinggal dari keberadaban dan keberbudayaan.

Silabus

Silabus Silabus adalah rencana pembelajaran untuk satu semester, di mana di dalamnya terdapat Standar Kompetensi, Kompetensi dasar, Indikator Pencapaian Kompetensi, Tujuan Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Media dan Sumber Belajar, serta alat evaluasi yang digunakan. Dalam hal pembelajaran tematik maka silabus dikembangkan untuk pembelajaran satu tema satu silabus.

Sub Tema 1 Perkembangbiakan Hewan dan Daur Hidup Hewan

PERKEMBANGBIAKAN HEWAN DAN TUMBUHAN Rangkuman Materi Perkembangbiakan Hewan  Hewan memiliki perbedaan dalam cara perkembangbiakannya. Hewan Berkembangbiak dengan bertelur dan melahirkan.